warning: Creating default object from empty value in /usr/home/www/hikmah/html/program/lib.php on line 582.

Kesadaran Islam






Untitled Document



Dewasa ini umat Islam banyak yang tidak memahami secara utuh tentang agama Islam. Pemahaman tentang Islam hanya terbatas pada perkara-perkara yang disebutkan secara terang-terangan di dalam rukun Iman dan rukun Islam. Perkara-perkara itu pun susah sekali dilaksanakan. Perkara-perkara di luar itu mungkin sudah sama sekali tidak diketahui, apalagi diamalkan. Maka nampak dewasa ini umat Islam lemah walaupun jumlahnya banyak.

Dalam paket kesadaran Islam ini diuraikan kembali perkara-perkara penting dalam agama Islam tersebut yang sudah jarang dibahas oleh ulama-ulama zaman ini.

  • Mengapa Manusia Hidup : pertama-tama yang perlu diketahui adalah tujuan manusia hidup menurut Agama Islam, yaitu beribadah. Dalam melaksanakan tujuan hidup ini, manusia akan mengalami godaan dan gangguan. Jika ibadah ini dilaksanakan secara tepat dan lengkap, niscaya agama Islam akan tampil cantik dan berwibawa.
  • Pembagian manusia di akhirat: hidup manusia ini tidak hanya di dunia, namun semua manusia akan mengalami kehidupan akhirat. Untuk itu kita perlu memahami pembagian manusia di akhirat, karena nasib manusia di akhirat ini tergantung pada amalannya di dunia.
  • Iman dan Persoalannya: marilah kita kenali tingkat iman kita , agar kita dapat menyempurnakan lagi iman kita.
  • Keindahan Islam : Islam itu indah sebab hanya agama Islam yang dapat memberi makanan yang tepat pada roh manusia.
  • Perbandingan Dunia dan Akhirat : sesungguhnya kerja-kerja dunia itu susah, tapi ringan pada manusia karena tarikannya kuat dan kerja Akhirat itu mudah tapi umat Islam merasakan susah karena tarikannya dingin.
  • Sejauh Mana Islam Kita : Jadi sejauh manakah kita telah yakin, faham serta mengamalkan ajaran Islam ? Ukurannya adalah Rasulullah, sahabat dan salafussoleh.
  • Di Zaman Apa Kita Berada : Rasulullah pernah berwasiat bahwa umat Islam akan mengalami beberapa zaman yang berbeda-beda. Zaman yang sedang kita alami otomatis menentukan strategi apa yang perlu kita lakukan dalam bertindak.
  • Mencari Kebahagiaan : Mencari kebahagiaan adalah fitrah murni setiap manusia. Kebahagiaan itu terletak pada hati (jiwa). Kebahagiaan yang hakiki dan sejati adalah kita beriman kepada Allah dan Rasul serta melaksanakan apa yang diwajibkan dan meninggalkan apa yang dilarang dengan sepenuh hati dan ikhlas.
  • Keagungan Dan Kebesaran Islam : banyak orang menganggap keagungan Islam adalah pada perkara-perkara yang sifatnya fisik/lahiriah namun sebenarnya keagungan dan kebesaran Islam yang sejati ialah setelah datangnya Rasulullah SAW, manusia dapat betul-betul mengenal Allah. Dengan manusia mengenal Allah, akan wujud segala hal lainnya termasuk kemajuan fisik.
  • Mencari Kebenaran (di akhir zaman) : sudah menjadi fitrah manusia ingin mencari kebenaran. Banyak orang keliru dalam mencari panduan menuju kebenaran, padahal rujukan sejati dalam mencari kebenaran adalah Rasulullah, para sahabat dan golongan salafush-shalih.
  • Islam Laksana Sebatang Pohon : Agama Islam sebenarnya cantik dan indah, namun sayangnya hingga hari ini belum dapat kita rasakan keindahannya. Allah telah memberitahukan bahwa agama Islam itu ibarat sebatang pohon. Dari analogi ini dapat diuraikan apa sebabnya Islam hari ini ibarat pohon yang hampir tumbang.
  • Tingkatan Nafsu : nafsu itu adalah musuh manusia. Dalam artikel ini diuraikan secara gamblang tentang nafsu yang ada dalam manusia serta peringkat-peringkatnya.
  • Taubat : karena susahnya melawan nafsu (mujahadatunnafsi), praktis kita selalu gagal menghadapinya. Akibatnya kita senantiasa berada dalam dosa. Dosa-dosa itulah yang menjadi hijab antara hamba dengan Allah SWT. Kita perlu bertaubat sungguh-sungguh agar dosa-dosa kita diampunkan oleh Allah.
  • 8 Syarat Taqwa : hanya orang bertaqwa yang ada jaminan dan pembelaan dari Allah di dunia dan di Akhirat. Untuk memperbaiki diri agar menjadi orang yang soleh atau orang yang bertaqwa, ada 8 syarat yang musti ditempuh terlebih dahulu.
  • Bagaimana Rasulullah Mengobati Penyakit Masyarakat : Rasulullah telah berhasil dengan gemilang menyelesaikan masalah di masyarakat arab jahiliyah. Hal ini tentunya dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk menyelesaikan permasalahann di masyarakat kita yang sudah sangat rusak, sampai-sampai hampir menyerupai zaman jahiliyah dahulu.
  • Tuntutan Dua kalimat Syahadah : Kalimat Laailahaillallah merupakan tapak asas dalam ajaran Islam. Jika persoalan ini selesai, maka persoalan orang lain akan selesai pula.
  • Islam Agama Asing : Rasulullah pernah berwasiat bahwa Islam akan muncul kembali dengan gemilang di akhir zaman dalam bentuk yang asing bagi orang di zaman tersebut. Mari kita kenali ciri-ciri Islam yang asing tersebut agar kita tidak salah menilai.
  • Hidup Menurut Pandangan Islam : untuk dapat hidup sebaik-baiknya, manusia mesti menempuh syariat, tareqat, hakikat, dan makrifat.
  • Ilmu Dan Niat : Ilmu dalam Islam sangat penting. Ilmu ibarat cahaya, petunjuk dan panduan bagi manusia. Untuk mendapatkan kegemilangan, manusia perlu niat yang betul dan ilmu yang tepat.
  • Jalan Kehidupan hanya ada dua , yaitu jalan kebenaran dan jalan kebatilan. Jalan yang selamat hanyalah jalan kebenaran, namun jalan ini amat sulit dicapai dan banyak orang tertipu masuk ke jalan kebatilan.
  • Bersuci Dalam Islam : bersuci amat penting dalam Islam. Namun ternyata yang dikehendaki Allah bukan hanya suci lahir, namun juga suci secara batin. Dalam artikel ini akan diungkap peringkat kesucian manusia.
  • Keindahan dan Kebesaran Shalat : secara sepintas shalat itu mudah saja dilaksanakan, tapi mengapa shalat disebut sebagai tiang agama ? Mari kita ungkap rahasia-rahasia dalam shalat yang agung.

Artikel ini adalah bagian Kuliah Kesadaran hasil karya dari Abuya Ashaari Muhammad at Tamimi

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer