Sekilas Tentang Nabi Ibrahim a.s.

Kitab Nabi Ibrahim

Apakah Nabi Ibrahim menerima kitab juga? Semua Nabi dan Rasul mendapat kitab atau suhuf (lembaran-lembaran), seperti disebutkan dalam Al Quran:

"Innahadza lafish shuhufil uulaa. Shuhufi Ibrahima wa Musa" [QS 87 Al A'laa: 18-19). Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam suhuf-suhuf (kitab-kitab) terdahulu. (yaitu) Suhuf (Kitab) Ibrahim dan Musa.

Disebutkan oleh Imam Ibnu Katsir dalam kitabnya Qishashul Anbiya' bahwa Nabi Adam menerima 50 suhuf dari Allah. Agama Nabi Ibrahim as adalah Islam atau biasa juga disebut agama hanif.

Istilah 'suhuf' dan 'kitab' bermakna sama. "Suhufi Ibrahima wa Musa". Lembaran-lembaran Ibrahim dan Musa. Padahal kita semua tahu Nabi Musa as. memperoleh kitab, yaitu Taurat. Jadi kata "suhuf" bermakna umum, lembaran dan/atau kitab. Sedang kata
"kitab" nampaknya bermakna lebih khusus yaitu Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran. Allahua'lam.

 

Anak Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim as mempunyai banyak anak dari empat istri. Dua di antaranya menjadi Rasul, yaitu Ismail dan Ishaq 'alaihimassalam. Nabi Ishaq mempunyai dua orang anak: Al 'Aish yang menurunkan bangsa Romawi (dia menikah dengan sepupunya, anak Nabi Ismail) dan satu lagi Ya'kub as yang dinamakan Israil oleh Allah. Ya'kub as menjadi rasul juga dan dia memiliki 12 orang anak laki-laki dan seorang anak perempuan. Keturunan semua anak lelakinya inilah yang disebut Bani Israil. Salah satu anak Nabi Ya'kub as adalah Yusuf as, yang juga menjadi Rasulullah.

Rasul yang terkenal dari keturunan Al 'Aish (bangsa Rum) adalah Nabi Ayyub as. Dari keturunan Ya'kub as banyak rasul, di antaranya: Musa, Harun, Yusya', Daud, Sulaiman, Zakariya, Yahya, 'Isa 'alaihissolatu wassalam. Beliau juga menurunkan beberapa nabi: Samuel, Hizkia, Danial, Uzair dan banyak lagi.

Selain itu Nabi Ibrahim juga menurunkan Nabi Syu'aib dari anaknya Madyan (dari istri ketiga: Qanthura). Beliau menurunkan semua rasul (yang wajib diketahui dalam Islam) setelah beliau.

Dan yang terbesar, Nabi Ibrahim melalui Nabi Ismail menurunkan nabi penutup yang kedatangannya telah dikabarkan dalam kitab-kitab terdahulu: Nabi Muhammad saw.

Tentang Istilah 'Yahudi'

Al Quran menggunakan istilah "yahudi" untuk menyebut keturunan Bani Israil di zaman Rasulullah Muhammad saw. Agama mereka adalah agama yahudi, bukan Ibrani. Kata "Ibrani" adalah nama yang mereka (yahudi) gunakan untuk menamakan bangsa mereka. "Ibrani" bermakna "menyeberang". Yang dimaksud adalah menyeberangi Sungai Eufrat (Nabi Ibrahim konon berasal dari seberang Sungai Eufrat). Jadi yahudi mengklaim bahwa Nabi Ibrahim adalah orang Ibrani yang pertama dan sekarang orang Ibrani itu adalah mereka. Lihat bagaimana sombongnya yahudi, seakan-akan merekalah satu-satunya keturunan Ibrahim. Keturunan Nabi Ibrahim yang lain tak dianggapnya.

Sekian dulu mengenai keluarga Ibrahim as (dari kalangan beriman) yang mulia dan mendapat keberkatan besar dari Allah.

-Rizal-

 

mana lembaran nya dan berapa

mana lembaran nya dan berapa suhuf yang di terima nya?

Semua Rasul diberi kitab,

Semua Rasul diberi kitab, namun saat ini hanya kitab Nabi Muhammad SAW saja yang masih ada dalam bentuk aslinya.

Dari Qanthura ini lahir

Dari Qanthura ini lahir bangsa Madyan: http://id.wikipedia.org/wiki/Madyan

Post new comment

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer