Cara Membuktikan Sosok yang Hadir di dalam Mimpi Adalah Rasulullah

Para ulama menjelaskan bahwa cara seseorang untuk membuktikan bahwa sosok yang hadir di dalam mimpinya bcnar-benar Nabi adalah dengan tiga hal berikut ini.

  1. Orang yang terlihat di dalam mimpi mengaku bahwa ia adalah Nabi saw. Misalnya, orang itu berkata, "Aku adalah Rasulullah...," atau, 'Akulah Muhammad bin Abdullah," atau, "Aku adalah Nabimu," atau kata-kata lain yang sejenis.
  2. Orang yang bermimpi mengetahui dan meyakini bahwa seseorang yang ia lihat di dalam mimpinya adalah Nabi Muhammad saw, tanpa ada seseorang yang memberi tahu kepadanya.
  3. Ada orang lain yang berkata di dalam mimpinya, "Orang yang kamu lihat itu adalah Nabi saw.," atau, "Orang yang berbicara denganmu itu adalah Nabi saw.," atau, "Orang yang akan kamu lihat, atau yang akan kamu ajak bicara, atau yang akan menemuimu, atau yang akan kamu temui adalah Nabi saw." Hal itu, baik si pemimpi melihat orang yang berkata seperti itu maupun hanya mendengar suaranya.

Dengan tiga hal tersebut, seorang yang melihat Nabi di dalam mimpinya dapat meyakini bahwa sosok yang hadir di dalam mimpinya benar-benar Nabi Muhammad saw. Ia tidak perlu ragu sedikit pun.

Referensi:

  • Abu Anas Abdul Aziz, Jumpai Aku Ya Rasul (Ra'auitun Nabiyya SAW.; 100 qishshah haqiqiyah li-man ra'au an-Nabiyya)

 

Post new comment

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer