ALLAH Penghibur Paling Agung

Kedatangan Islam di dunia adalah untuk menghibur manusia. Di situlah indahnya Islam, sebab Islam itu menghibur. Penghibur yang paling besar tentulah ALLAH Yang Maha Agung. Jika Tuhan dikenal, jika kita tahu kerja-kerja Tuhan, maka Tuhan sangat menghibur. Tuhan adalah Penghibur Agung.

Kita ambil contoh yang terjadi sehari-hari, yang kita tak sadar, misalnya menghirup udara. Udara itu udara Tuhan. Kalau tak ada udara kita mati. Kita tak sadar ini menghibur. Jika Tuhan ambil udara itu, kita menderita. Bumi yang kita pijak ini milik Tuhan. Langit yang biru adalah milik Tuhan. Melihat bumi yang terhampar ini, melihat langit yang biru, hati kita sungguh terhibur.

Bila kita bekerja atau berpikir, kita gunakan energi dalam tubuh. Pada saat kita lelah Tuhan beri kita rasa mengantuk. Rasa mengantuk inilah yang membuat kita dapat tidur untuk mengembalikan kebugaran. Bayangkan jika tubuh lelah tapi tak dapat tidur, menderita bukan? Ini juga hiburan dari Tuhan.

Apabila kita akan membuat satu perkara yang baik, kita disuruh menyebut nama Tuhan. Dari 99 nama-Nya, Dia pilihkan untuk kita: Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama ALLAH Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Tuhan kenalkan diri-Nya, Akulah Penghibur. Tuhan tak suruh kita sebut Bismillahi jabbarul qahhar ( Dengan nama ALLAH Yang Maha Gagah dan Maha Perkasa ). Ini sungguh menghibur, tapi kita tidak menyadarinya.

Tuhan buat siang dan malam. Kejadian siang itu hiburan dari Tuhan. Coba bayangkan, bagaimana jika malam terus, tentu menyusahkan kita. Demikian juga sebaliknya. Malam untuk beristirahat dan siang untuk bekerja. Tak terhiburkah?

Tuhan Penghibur Agung. Tak ada penghibur seagung Tuhan. Sebab itu ALLAH datangkan syariat. Seolah-lah Tuhan berkata,”Kalau Aku menciptakan kamu, Aku adalah Penghibur Agung kamu. Sebab itu aku buat syariat sebagai peraturan dan sistem hidup untuk menghibur kamu.” Jika kita mentaati dan memahami syariat Tuhan, maka hidup ini akan terasa sangat menghibur.

Syariat mengajarkan kita, jika orang bersalah kita maafkan. Ini tentu saja sangat menghibur bagi orang yang bersalah. Syariat memerintahkan kita memuliakan tetangga meskipun kafir. Harus diperlakukan macam keluarga sendiri. Tak terhiburkah? Bila kita berkawan, Tuhan perintahkan agar setia. Ini sangat menghibur. Sakit bukan jika kita berkawan dengan seorang pengkhianat?

Coba kita lihat sejarah. Para Nabi dan Rasul adalah orang yang paling kuat memperjuangkan agama Tuhan. Baca sejarah Nabi Adam, Nabi Idris, Nabi Musa, Nabi Nuh, mereka tak pernah membunuh orang, kecuali Nabi Musa sebelum jadi nabi. Itupun tak sengaja.Rasulullah masuk medan perang 27 kali, tapi tak sekalipun membunuh orang, padahal peluang ada. Walaupun ada peluang, Rasulullah maafkan. Tak terhiburkah hati orang? Tuhan datangkan Rasulullah untuk menghibur manusia. Dengan musuh, jika mereka tak masuk Islam, Rasulullah biarkan, dengan harapan suatu hari nanti anak cucu mereka masuk Islam. Tak terhiburkah?

Jadi hari ini Tuhan minta kita untuk menghibur manusia dengan agama ALLAH, bukan menakut-nakuti manusia. Semoga kita semua dapat menjadi penghibur-penghibur di jalan ALLAH.

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer