Ringkasan Akidah Ahlusunnah Wal Jamaah

Submitted by admin on Mon, 2007-12-17 14:23

Setahu saya, Imam Abu Hasan Al-asy'ari sudah MENARIK PERKATAAN BELIAU (TAUBAT) TENTANG 20 SIFAT WAJIB BAGI ALLAH,karena beliau khawatir menjadi pembatasan sifat-sifat Allah, padahal kita sebagai Muslim harus menerima sifat-sifat Allah dari kitab yang telah Ia Wahyukan secara utuh. Silakan CEK di buku terakhir yang dikarang di masa-masa sebelum wafat beliau "berjudul AL-IBANAH, Buku Putih Imam Abu Hasan Al-Asy'ari

Ilmu sifat 20 itu bukan berarti sifat Allah hanya 20. Maksudnya adalah bahwa dengan memahami & meyakini 20 sifat Allah aqidah kita sudah cukup kuat untuk menangkal paham-paham filsafat, paham-paham agama lain , dan sebagainya. Kalau bisa mendalami 99 nama Allah justru lebih mantap lagi.

Kita musti lihat situasi ketika Imam Hasan Al-Asy'ari menulis buku tersebut. Di zaman beliau, banyak serangan faham filsafat yang merusak aqidah umat Islam di kala itu (kaum Muktazilah). Beliau pun tadinya termasuk orang Muktazilah, namun akhirnya berpindah menjadi ASWJ.

Tentang kitab Al Ibanah, banyak diperdebatkan apakah kitab itu asli ? bisa dibaca di sini: http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&f…

Mohon maaf, ilmu tentang sifat Allah yang selain 20 saya belum pernah dengar. Namun demikian kalau kita sudah menguasai ilmu yang sifat 20 itu dan menghayatinya, insya Allah iman kita akan kuat.

Qadha ialah ketentuan atau hukum yang telah Allah tetapkan sejak azali bagi seseorang atau sesuatu perkara, seperti sakit, sehat, miskin, kaya dan lain-lain. Segala kejadian mulai dari yang sekecil-kecilnya sampai yang sebesar-besarnya sudah Allah tetapkan sejak azali.

Adapun qadar adalah rincian dan batasan-batasan ketentuan yang telah Allah tetapkan sejak

Aliran yang dianut NU adalah Ahlusunnah wal jamaah, bisa dibaca di http://id.wikipedia.org/wiki/Nahdlatul_Ulama
Aliran yang dianut Muhammadiyah bernuansa Wahabi. Silakan baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammadiyah. Di situ disebutkan "Persyarikatan Muhammadiyah didirikan untuk mendukung usaha KH Ahmad Dahlan untuk memurnikan ajaran Islam yang dianggap banyak dipengaruhi hal-hal mistik". Ajaran Islam yang dianggap dipengaruhi hal mistik ini adalah termasuk perkara-perkara tasawuf yang biasa diamalkan aliran ahlusunnah wal jamaah

Hal-hal mistik justru yang menjerumuskan orang-orang ke dalam kesyirikan, mustahil para ahlussunnah wal jamaah, orang-orang yang menjaga sunnah dan menghindari bid'ah, thagut, serta khurafat, mengamalkan hal-hal tersebut.

Orang-orang yang mengultuskan pemimpinnya seperti seorang nabi yang tak patut dilawan (seolah-olah semua yang dilakukan dan dikatakannya benar), atau menambahkan hal-hal yang tidak diajarkan oleh Rasulullah dalam beribadah (ahlulbid'ah), bukanlah bagian dari ahlussunnah wal jama'ah.

Rhannie (not verified)

Mon, 2009-12-07 06:05

Assalamu'alikum...
Pak ustad, sy yg awam mau bertanya, ini Hizbut tahir (HT) kan termasuk pergerakan islam khan?
Trus, apakah akidahnya ini termasuk ahlus sunnah wal jamaah atau akidahnya apa pak ustad?
Atas jawabannya, sy ucapkan trima kasih.

Pertanyaan seperti ini perlu diselidiki dengan hati-hati. Sebaiknya anda tanyakan langsung ke HTI (http://hizbut-tahrir.or.id/) , atau kalau ada anda tanyakan ke kawan-kawan anda yang di HTI. Sejauh ini saya belum menemukan artikel yang menyatakan dengan jelas apakah HT termasuk ahlus sunnah wal jamaah atau tidak.

Sementara ini silakan baca buku Nizham Al Islam karangan Taqiyuddin An Nabhani, bisa didownload di http://stashbox.org/409042/Taqiyuddin%20an-Nabhani%20-%20Nizham%20al-Is… . Kalau tidak ada di situ, bisa digoogle dengan kata kunci 'nizham al islam pdf' seperti di http://www.google.co.id/search?q=nizham+al+islam+pdf . Di bab I berjudul 'Jalan Menuju Iman' atau 'Thariqul Iman'. Sejauh yang saya tahu itulah pembahasan tentang iman yang ada di buku resmi Hizbut Tahrir

suka (not verified)

Sat, 2011-10-15 13:47

alhamdulillah nemuin aqidah ni
kalo boleh kasi liat penjelasan ttg turunnya kitab2 allah

hanis karunia wati (not verified)

Fri, 2012-02-17 03:22

salam alaikum,,, maaf saya Ingin tanya,, adakah dalil2 kenapa Allah harus memiliki sifat2 wajib trsebut,,,?

oya, jika Allah swt itu Maha mampu, untk apa dia menciptakan malaikat dan membagi2 tgas pda mereka?

Wa alaikum salam.

Sifat-sifat wajib itu keberadaannya ada yang secara aqli (akal/logika), ada yang secara naqli (mengutip dari wahyu Al Quran). Misal tentang sifat Wujud (ada), dari sisi logika kita dapat berargumen secara aqli bahwa Allah itu mesti ada, tidak mungkin tidak ada.

Ada juga sifat lain misalnya Allah tidak menyerupai apapun (mukholafatuhu lil hawadisi). Sifat ini disebutkan di dalam Al Quran http://kawansejati.ee.itb.ac.id/aqidah-mukmin-1/06-mukholafatuhu-lil-ha…

Jadi adanya sifat wajib itu karena memang Allah sebut bahwa dirinya mempunyai sifat-sifat tersebut. Bagi kita hal ini berguna untuk menolak sesuatu yang bukan Allah. Misal ada orang mengaku Tuhannya ada beberapa, maka kita bisa menolak bahwa yang diakui sebagai Tuhan itu pasti bukan Tuhan yang sebenarnya.

Sebenarnya perlu dipahami juga latar belakang adanya ilmu sifat 20 ini. Ilmu ini dirumuskan pada abad 3 Hijriah, karena pada waktu itu banyak serangan terhadap aqidah Islam dari paham-paham filsafat Yunani. Untuk menangkal hal tersebut maka ada ulama yang merumuskan bahwa ada 20 sifat yang jika dipahami oleh kaum muslimin sudah cukup untuk menangkal serangan filsafat Yunani tersebut. Jadi bukan berarti sifat Allah cuma ada 20, namun di antara sekian banyak sifat yang ada, dengan 20 sifat yang dirumuskan tersebut sudah cukup untuk menangkal filsafat Yunani pada waktu itu.

Mengenai mengapa Allah menciptakan malaikat, ini dijelaskan di sifat Allah yang boleh, yaitu Allah boleh buat apa saja, dan Allah juga boleh tidak membuat apa saja. "Milik ALLAH-lah kerajaan langit dan bumi ini. (Ali Imran: 189)".

budi suparman

Tue, 2012-09-11 01:19

Assalamualaikum,
minta tolong bs dijelaskan cara membuka mata batin,trims

Add new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.

Filtered HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type='1 A I'> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id='jump-*'> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

PingBack